DESIGN EKLEKTIK BERGAYA NYENTRIK
04 December 2017

Dalam perkembangannya, design interior menjadi salah satu poin penting dalam menentukan kenyamanan sebuah rumah. Berbagai ide bermunculan untuk membuat tampilan rumah terlihat lebih menarik.  Seperti design Ekletik yang dapat mengubah rumah Anda bergaya Nyentrik.

Eklektisme merupakan gaya design dan arsitektur yang menggabungkan gaya historis dari masa sebelumnya untuk menciptakan sesuatu yang baru dan asli. Dalam arsitektur dan desain interior, elemen-elemen ini mencakup struktur bangunan, furnitur furnitur, motif dekorasi, ornamen sejarah,  motif budaya tradisional atau gaya dari negara lain.

Design eklektik muncul dengan perpaduan desain masa lampau dan berbagai macam gaya yang memberikan banyak inspirasi dengan kebebasan berekspresi untuk membuat desain yang original. Gaya eklektik dikenal sebagai simbol dari kekayaan dan kemakmuran. Sehingga pada abad ke-20 ada anggapan, semakin mewah isi rumah, semakin tinggi derajat seseorang. Secara estetika, gaya ini lebih mengarah ke gaya masa lampu dengan berbagai unsur arsitektur seperti Gotik, Rococo, dan Victorian.

Berikut yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan design eklektik bergaya nyentrik:

FOCAL POINT
Meskipun design ini menggabungkan gaya dan periode melalui berbagai jenis barang, namun tetap perlu diingat, ketika Anda mengatur tata letak ruangan sebaiknya harus menonjolkan focal point pada ruangan untuk memperkuat kejelasan fungsi ruang, mengarahkan fokus, dan mempertajam konsep ruang. Seperti menambahkan aksesn pada dinding atau item dekoratif mencolok lainnya agar terlihat lebih catchy.

FURNITUR PRAKTIS DAN FUNGSIONAL
Kriteria utama desain eklektik adalah kenyamanan dan kemudahan penggunaan furnitur. Item yang digunakan tidak hanya tampak indah, melainkan harus praktis dan fungsional namun tetap ada sisi estetika. Tidak heran, jika sering ditemui mebel antik dan modern yang dapat saling mendukung. Lemari antik pun bisa diletakkan berdampingan dengan lemari built-in modern, hingga meja kaca minimalis dengan jok bordir emas. Bisa juga dengan furnitur kayu, kaki melengkung pada kursi, dan desain besi tempa dapat menghiasi interior dan melengkapi gambaran keseluruhan ruangan.

KONSISTENSI DEKORASI
Dekorasi gaya eklektik sangat bervariasi, namun tetap harus selaras dan konsisten dalam pengaturan dekorasi di tiap-tiap ruangan. Sebaiknya tidak banyak perbedaan yang terlalu menonjol antara ruang satu dengan yang lain. Misalnya penggunaan warna ruangan. Satu warna harus berfungsi sebagai faktor pemersatu dari keseluruhan desain rumah Anda. Bisa hijau atau off white, pastikan untuk memilih satu warna yang dapat mengkolaborasikan keseluruhan tampilan.

ELEMEN PENDUKUNG GAYA EKLEKTIK

Selain itu, Gaya eklektik juga sering dijadikan simbol romantisme dalam dunia arsitektur karena mengandung detail mengenai cerita sejarah. Gaya yang sering disebut-sebut sebagai maksimalis yang memiliki 3 elemen pernak-pernik utama, yaitu

Eksotik-Hippy
Anda dapat menerapkan gaya eksotik-hippy dengan menggunakan dipan yang dilengkapi bantal dengan hiasan bordir atau disulam. Selain itu, dekorasi berupa kain sari atau bermotif dengan manik-manik, dapat ditambahkan. Sementara untuk sofa, bisa dengan dilapisi kain dominan bernuansa maroko atau dengan akses warna merah dan hitam.

Romantik-Feminim
Bagi Anda yang ingin menghadirkan nuansa romantis dan feminin, bisa menggunakan motif bunga, sulur, atau tanaman. Sementara kain pelapi bisa dengan kain berenda atau halus seperti sutra dan bulu angsa. Gunakan warna pink sebagai warna dominan yang dikombinasikan dengan warna ungu, merah, biru.

Artwork
Penggabungan furnitur antik dengan dengan design beraliran dekonstruksi atau asimetris bisa digunakan untuk yang ingin menampilkan dekorasi yang penuh seni. Ada banyak aksesoris yang dapat digunakan pada gaya elektik, seperti lukisan orang zaman dahulu, hiasan dinding  lukisan atau tekstur pada permukaan dinding dengan kain pelapis karya patchwork, cermin besar dengan bingkai emas, vas kristal dan bingkai foto. Dalam dekorasi gaya elektik, setiap aksesoris yang digunakan harus memberikan kesan bahwa Anda telah mengumpulkan semuanya selama bertahun-tahun. Mungkin aksesoris yang digunakan bisa terkait dengan kenangan yang menyenangkan dari masa lalu atau impian Anda di masa depan.

Latest News