JELI DALAM BERINVESTASI PROPERTI
07 August 2017

Saat ini, investasi properti menjadi salah sektor yang dipilih untuk menjaga keuangan tetap stabil dan tidak terpengaruh adanya dampak inflasi. Hal itulah yang membuat sebagian besar investor lebih memilih berinvestasi properti untuk menyelamatkan harta dari gerusan inflasi. 

Dengan investasi properti, Anda akan mendapatkan hasil yang cukup signifikan karena harga properti kian hari semakin memuncak. Bisa jadi Anda akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus bersusah payah dan melakukan pekerjaan berat lainnya yang mengandung risiko besar. Namun bisnis properti juga tidaklah semudah yang dibayangkan. Hasil maksimal dari investasi properti tergantung kepada strategi yang Anda jalankan. Mulai dari perencanaan yang harus benar-benar matang, pemilihan lokasi, hingga biaya untuk perawatan. 

Terdapat beberapa strategi berinvestasi di bidang properti yang cukup sederhana namun berpotensi menghasilkan keuntungan berlimpah. 

Berikut tipsnya :


Cari Lokasi Strategis

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memulai investasi properti adalah memilih lokasi properti. Anda sebaiknya memilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya dekat dengan lingkup sekolah, tidak jauh dari rumah sakit, dan lokasi pusat perbelanjaan dapat dijangkau dengan waktu yang singkat. Selain itu, didukung dengan memiliki akses transportasi yang memadai, baik itu angkutan umum atau fasilitas jalan yang baikdekat dengan kantor pemerintahan, minimalnya kantor kecamatan.

Lokasi menjadi hal pokok dalam menentukan harga sebuah properti. Rumah dengan lokasi strategis akan berpengaruh pada harga jual. Semakin tahun, akan terjadi peningkatan harga properti. 


Hunting Developer Terpercaya

Mencari developer yang terpercaya dengan pelayanan yang baik merupakan point penting yang harus diperhatikan dengan matang. Anda bisa mencari tahu dari track record dan hasil review teman-teman Anda yang memiliki pengalaman. Hal-hal yang perlu diperhitungkan dari developer seperti pengalaman dalam menangani proyek besar, sumber daya manusia yang berkualitas, dan rendah margin error. Hal tersebut membuktikan, developer yang terpercaya akan menghasilkan produk yang bertahan lama.


Konsep dengan Ditunjang Fasilitas Memadai

Selain Developer dan lokasi, konsep dengan fasilitas yang memadai di area tempat berinvestasi juga tidak kalah penting. Misalnya saja, saat Anda berinvestasi apartemen. Anda harus mencermati konsep apartemen tersebut, apakah stand alone apartemen ataukah apartemen yang merupakan bagian dari suatu superblock, serta fasilitas apa saja yang ditawarkan. Untuk fasilitas bisa mulai dari club house, tempat olahraga, salon kecantikan, akses transportasi yang mudah, dan tempat ibadah. Demikian pula apabila Anda ingin berinvestasi rumah. Rumah dengan konsep perumahan cluster biasa, dengan perumahan dengan konsep kota mandiri, tentulah berbeda untuk prospek kedepannya.


Cermat Melihat Harga

Tujuan melakukan investasi properti adalah untuk mendapatkan keuntungan. Saat ingin berinvestasi sesuaikan harga dengan kualitas bangunan dan fasilitas yang didapatkan. Sebisa mungkin beli properti ketika sedang pre-launching oleh suatu developer. Hal tersebut akan lebih berpengaruh pada kenaikan harga sebuah properti. Selain itu, harus dipikirkan untuk ke depannya, apakah harga yang didapat sekarang akan memberikan keuntungan bagi Anda di 2 hingga 5 tahun ke depan. Itulah mengapa, Anda harus selalu memperhatikan perkembangan harga properti di pasaran dan di kawasan tersebut. Jika semuanya sudah sesuai, Anda bisa secepatnya berinvestasi properti.


Jeli Terhadap Sampel Rumah

Biasanya para developer akan menunjukkan sampel atau miniatur properti yang akan dibangun. Dalam hal ini Anda harus jeli untuk melihat sampel rumah. Sebaiknya Anda memilih tipe rumah dan lokasi yang disukai oleh kebanyakan orang karena akan berdampak dengan harga jual. Jika Anda mampu memilih unit dengan lokasi yang disukai banyak orang, Anda akan mendapatkan keuntungan lebih cepat dan tentu saja bisa lebih besar.


Miliki Aset di Berbagai Lokasi

Jika Anda merasa senang untuk berinvestasi properti, bisa jadi Anda ingin menambah investasi lagi agar potensi keuntungan bisa berlipat ganda. Anda bisa mengumpulkan aset properti di banyak lokasi dengan tujuan agar Anda bisa melakukan diversifikasi investasi kepada aset yang Anda miliki, sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai keinginan di satu lokasi, Anda masih memiliki properti di tempat lain yang Anda gunakan sebagai investasi.

Dengan adanya wawasan dalam investasi properti diharapkan Anda akan lebih baik dalam memilih produk investasi. Jadi, jika terjadi hambatan saat melakukan investasi properti, Anda sudah siap dengan investasi lainnya untuk mencover segala kerugian yang ada. Berinvestasi di bidang properti, lakukan dengan bertahap, melalui perhitungan yang bijak, dan Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Latest News