TREN & EKSISTENSI DIGITAL MARKETING UNTUK BISNIS PROPERTY
04 December 2017

Maraknya penggunaan internet dan media digital saat ini menjadikan digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan para pebisnis. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Smart Insight, para pemasar di seluruh dunia diminta untuk memilih satu teknik pemasaran yang paling berpengaruh pada bisnis mereka di tahun 2017. Hal itu dilakukan karena banyak sekali tren digital marketing yang berpengaruh bagi dunia bisnis saat ini.


Eksistensi Digital Marketing di Indonesia
Lantas, bagaimana dengan tren digital marketing di Indonesia? Tidak berbeda jauh. Di Indonesia, tren digital marketing yang paling berpengaruh dan banyak digunakan oleh para pebisnis ialah teknik social media marketing, mobile marketing dan content marketing.

Membahas tentang sosial media, di Indonesia sosial media menjadi raja digital marketing di Indonesia. Hal ini sejalan dengan banyaknya penggunan di Indonesia, seperti Facebook, Instagram, dan Youtube. Selain itu, ketiga social media tersebut menjadi sorotan para pebisnis karena banyak hal yang bisa dimanfaatkan, salah satunya upaya untuk menjangkau target pasar. Untuk mendapatkan konsumen sesuai dengan target, pebisnis harus memperhatikan materi seperti apa yang akan diposting dan bagaimana pesan yang ingin disampaikan,

Selain itu, mobile marketing juga ikut andil sebagai saluran untuk menyalurkan strategi bisnisnya. Kini banyak kita temui orang-orang yang selalu membawa ponselnya kemana pun. Seolah mereka tidak dapat dipisahkan. Dengan fenomena itu, teknik mobile marketing kerap digunakan oleh para pebisnis untuk menjangkau target konsumennya.
Diikuti dengan content marketing yang memiliki peran yang penting untuk membuat konsumen sadar informasi atas materi yang ingin disampaikan. Dalam hal ini, pebisnis harus menyiapkan konten yang menarik  agar dilirik oleh konsumen. Misalnya media yang Anda gunakan adalah website dan mobile apps. Maka, Anda memerlukan strategi khusus untuk memaksimalkan konten postingan dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Konten yang menarik dan SEO friendly, membuat postingan Anda berbeda dan kemungkinan untuk dibaca semakin tinggi. Jadi, wajib diketahui “aturan main” dalam melakukan digital marketing agar bisnis Anda berjalan secara profesional.


Peran Digital Marketing di Bisnis Properti
Pasar properti mengalami kemajuan yang pesat dalam bebarapa tahun terakhir. Terlebih, kemajuan teknologi ikut memiliki peran penting dalam membentuk kultur baru dalam pasar real estate online di tengah masyarakat Indonesia. Hal tersebut mendorong masayarakat semakin memanfaatkan internet untuk mencari informasi hunian.
Tren ini dicermati sebagai peluang yang masih terbuka oleh ERA Galaxy sebagai perusahaan pemilik situs pencarian properti www.eragalaxy.com.

“Mayoritas konsumen semakin menyadari bahwa pencari properti lebih efektif dengan menggunakan internet. Tren ini semakin berkembang di Indonesia, yang secara langsung mendorong terjadinya perubahan perilaku konsumen”, kata Head of System Development ERA Galaxy, Kennard Nugraha.
Kennard juga menambahkan, adanya ketergantungan terhadap teknologi juga memberikan dampak positif terhadap pelaku pencarian properti ataupun kalangan agen properti yang memasarkan produk atau listing miliknya. Kini kalangan agen properti dan developer semakin menyadari akan menigkatnya brand visibility mereka melalui penetrasi di internet dan dengan strategi digital marketing.

Digital marketing merupakan inovasi yang sangat bermanfaat. Strategi pemasaran melalui media digital (digital marketing) bukan hanya memudahkan dalam memasarkan properti. Melainkan juga telah menjangkau calon pembeli lebih luas. Berada di era dunia maya seperti saat ini, pemanfaatan waktu dan batas-batas geografis  menjadi lebih maksimal dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Konsumen hanya perlu menggunakan fitur chatting di media sosial untuk menanyakan sesuatu tanpa harus bertemu langsung face to face dengan bagian marketing, yang sekaligus mempermudah aktivitas dan jangkauan target properti.

Selain itu, digital marketing menuntut para pelaku bisnis property menjadi lebih kreatif dan terus berinovasi untuk membentuk strategi pemasaran. Saat ini, calon pembeli yang berpotensi tertarik terhadap properti yang ditawarkan masih terus berdatangan dari iklan di internet. Dengan kata lain, digital marketing memiliki peran khusus untuk melancarkan transaksi bisnis properti.

Latest News