TREN INTERIOR TERKINI
07 August 2017

Perkembangan jaman membuat berbagai ide merenovasi rumah terus  bermunculan. Model dan gaya rumah kian mengalami banyak perubahan. Berbagai inovasi terus dikembangkan untuk membuat rumah terlihat lebih cantik dan menarik. Segala macam referensi mengenai design interior rumah selalu dinanti. Mulai dari yang sederhana, elegan, hingga penuh warna, namun tetap memberikan kesan yang nyaman dan menjadi idaman setiap orang. 

Lalu, seperti apa trend design interior yang hits saat ini?

Menurut pemilik usaha Armonia Interior, Paulus, design interior yang sedang tren saat ini yaitu, Minimalis Kontemporer dan American. Berikut pembahasan detailnya. 


MINIMALIS KONTEMPORER 

Konsep model rumah minimalis lebih mengutamakan fungsi dari penggunaan bahan bangunan dan aksesoris secara lebih maksimal. Konsep ini juga selalu menghindari pemakaian ornamen atau hiasan rumah yang di anggap tak perlu. Sehingga efisiensi terhadap penggunaan bahan material harus di batasi. Desain interior minimalis ini lebih menonjolkan konsep sederhana yang semuanya serba simple dan praktis. 

Sementara kontemporer pada dasarnya adalah gaya desain yang sedang ‘ngetren’ atau sedang diproduksi pada masa sekarang juga. Jadi, kontemporer bisa saja eklektik. Apapun yang sedang terjadi saat ini. Kontemporer lebih dinamis, tidak terikat dengan perkembangan jaman. 

Menurut Paulus, saat ini orang lebih menyukai perpaduan design, tidak hanya minimalis atau kontemporer saja melainkan minimalis kontemporer. Dan ini menjadikan tantangan bagi arsitek dalam membuat rancangan atau desain pada bangunan baru. Sehingga kini banyak bermunculan ide-ide baru yang dimunculkan oleh para arsitektur untuk mendapatkan komposisi baru sesuai perkembangan jaman dengan cara menggabungkan dua design interior, yaitu minimalis dan kontemporer. Perpaduan kedua design tersebut akan menghasilkan design yang minimalis namun tetap memberikan ornamen-ornamen yang membuat ruangan lebih hidup dan tidak terlihat sepi, lanjut “Paulus


AMERICAN

Dalam hal ini Paulus juga menambahkan, design American juga dibuat karena banyak permintaan orang terhadap sesuatu yang baru di tampilan design interior. Banyak yang memilih untuk membuat rumah tampil modern namun tidak sedikit yang menginginkan rumah terlihat lebih klasih dan elegan. Design American juga bermunculan karena keinginan untuk menggabungan gaya design modern dan klasik. 

Gaya modern adalah gaya desain yang simple, bersih, fungsional, stylish dan selalu mengikuti perkembangan jaman yang berkaitan dengan gaya hidup modern yang sedang berkembang pesat. Gaya hidup modern ditopang oleh kemajuan teknologi, dimana banyak hal yang sebelumnya tidak bisa dibuat dan didapatkan menjadi tersedia bagi banyak orang. Sedangkan Gaya desain klasik adalah desain yang tidak lekang oleh jaman. Ciri khas arsitektur klasik yaitu pada pilar-pilar, ornamen, dan profil-profil yang berkembang pada saat Kerajaan Romawi atau Yunani kuno. Rumah klasik biasanya menggunakan pilar-pilar besar sebagai penopang rumah baik di dalam maupun diluar seperti di teras rumah. Tiang yang besar disertai dengan ukiran dan ornamen yang khas yang memberikan kesan megah,”ujar Paulus.


ARMONIA DAN IDE LUAR BIASA

Saat ditanya mengenai pengalaman di bisnis interior, Paulus mengungkapkan sudah menekuni bidang ini sejak tahun 2011 bersama dengan istrinya. Namun saat itu masih belum memiliki brand sendiri, melainkan statusnya masih freelance. Namun karena kami sama-sama menyukai bidang interior, akhirnya  kami memutuskan untuk membuka bisnis ini dengan brand Armonia, “kata Paul. 

Paulus mengatakan, yang membedakan Armonia Interior dibandingkan dengan jasa interior lainnya adalah bentuk service-nya karena beberapa konsumen selalu mengeluhkan pelayanan yang kurang maksimal yang didapat dari media jasa lainnya. Selain itu, beberapa  furniture dan ornamen kami buat dengan inovasi sendiri, dan tidak ditemukan di tempat lain,” tegas paul dengan semangat. 

Tidak heran jika Armonia Interior berhasil menangani banyak project mulai dari rumah, hotel, apartemen, apotek, snack booth, klinik kecantikan, dan masih banyak lagi. Dari kesuksesan itulah Paulus menyampaikan bahwa saat memulai berbisnis, Jangan Takut, Terus Dijalani, Banyak Berdoa, dan Berkat akan turun sendiri.

Latest News